Bambar 24 Oktober

Sistim pemerintahan adat di kampung bambar distrik Waibu yang telah berjalan kurang lebih tiga tahun ini, telah benar-benar mewujudkan perannya dalam pengembangan pembangunan kampung, baik infrastruktur kampung, dan program-program lainnya yang dikerjakan dengan melibatkan warga masyarakat.

Dalam mewujud nyatakan kebijakan adat dalam proses pembangunan  dalam instrument Kampung adat, sebagai mana yang di harapkan selama ini benar-benar diwujutkan dalam bentuk pemaanfaatan anggaran Negara yang di kucurkan ke kampung-kampung melalui Pemerintah daerah.

Kampung adat bambar merupakan sistim pemerintahan yang di kendalikan oleh pemimpin adat disitu,dalam pengambilan keputusan selalu mengedepankan proses musyawarah untuk merencanakan program-program kerja yang akan di kerjakan, lebih dari itu selalu mengacu kepada petunjuk pemimpin adat untuk mensejahterahkan warganya.

Pemerintahan kampong adat bambar di pimpin oleh  Kepala Kampung Adat : Otniel Kaway. M.Th yang di lantik oleh Ondoafi Bambar Orgenes Kaway, dalam pelaksaannya sistim pemerintahan adat didukung oleh suku-suku yang ada dalam struktur adat tersebut yang di kepalai oleh kepala suku atau selalu di sebut dengan istila local ( Kose ) yaitu Suku  Kaway, Towam, manuri, Ebe

Dalam pengambilan keputusan adat, warga Bambar selalu menggunakan tempat pertemuan pendopo adat atau  Obe, nama pendopo adat di sebut “Obe  Kurare” ( Nama Lokal – Sakral )  Obe  ( Tempat Berkumpul Masyarakat Doyo 4 kampung ) sebagai pusat berkumpulnya masyarakat untuk melakukan pertemuan dan kegiatan sacral lainnya.

Menurut Rudi Ebe, Sekertaris kampung Adat bahwa warga masyarakat asli Bambar berjumlah 132 kk, yang nota benenya adalah warga dari 4 suku besar yang mendiami kampung bambar ini sejak tahun-tahun silam,kehidupan sehari-hari masyarakat di kampung bambar hidup dengan tradisi budaya yang sudah ada sejak turun temurun,dan siapapun tidak bisa merubahnya tuturnya.- (Kromsi@n)

Peran Otoritas adat dalam proses Pembangunan Kampung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *